Paket Wisata ke Pulau Bawean, Paiwisata Bawean, Backpacker Pulau Bawean, Bawean Pulau Wisata, Paket Tour ke Pulau Bawean, Tour Agency Bawean island, jalan-jalan ke bawean, adventure bawean
BAWEAN TOURISM-Tourism Information & Tour Package To The Island Of Bawean

TIPS BERWISATA KE PULAU BAWEAN DI BULAN RAMADHAN


30 April 2017

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi ummat Islam. Selama melaksanakan puasa bukan berarti harus menghentikan semua aktivitas, termasuk kegiatan traveling atau berwisata. Mengingat saat ini pergi berwisata sudah menjadi kebutuhan primer.

Jika anda berniat melakukan traveling di Pulau Bawean saat bulan Ramadhan, maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengingat mayoritas penduduk Pulau Bawean adalah muslim yang taat. Di Pulau Bawean sendiri ada sebuah prinsip yang tidak tertulis, yaitu “Bekerja selama setahun untuk bekal ibadah puasa di bulan Ramadhan”.

Lalu, apa hubungan prinsip tersebut dengan aktivitas wisatawan yang akan berwisata ke Pulau Bawean selama bulan Ramadhan? Dari prinsip ini bisa kita simpulkan bahwa orang Bawean tidak akan melakukan aktivitas yang “berat” selama menjalankan ibadah puasa, yang akhirnya bisa mengurangi pahala ibadah puasanya atau bahkan bisa membatalkan ibadah puasa itu sendiri.

Beberapa tips yang untuk anda supaya kegiatan wisata anda saat bulan Ramadhan di Pulau Bawean tetap menyenangkan:

1. Tiket Kapal

Mayoritas penduduk Bawean merantau, jadi arus mudik ke Bawean sudah mulai ramai satu bulan sebelum bulan Ramadhan. Mayoritas mereka yang mudik awal adalah warga Bawean yang merantau ke luar negeri. Jika anda memilih ke Bawean sendiri tanpa menggunakan jasa travel, jadi pastikan anda memesan tiket jauh-jauh hari. Karena selalu butuh perjuangan keras untuk mendapatkan tiket ke Bawean, mengingat sampai saat ini penjualan tiket semua operator kapal masih dijual offline.

2. Hotel

Booking hotel atau penginapan harus anda lakukan jauh-jauh hari & jika anda juga melaksanakan ibadah puasa, pastikan pada pihak hotel bahwa ada fasilitas makan sahur untuk anda. Ini sangat penting karena tidak ada warung makan yang buka untuk menjual menu sahur. Bagi anda yang non muslim dan anda yang tidak ikut berpuasa, anda harus pastikan juga bahwa pihak hotel menyiapkan fasilitas sarapan untuk anda. Karena selama bulan Ramadhan, anda tidak akan menjumpai rumah makan yang buka di siang hari.

3. Bawa Bekal Makan

Selama bulan Ramadhan, anda tidak akan menjumpai rumah makan buka pada siang hari. Bagi anda yang tidak ikut berpuasa, baiknya tanyakan ke pihak hotel atau penginapan tempat anda tinggal, apa mereka bisa menyiapkan anda bekal makan siang selama explore Bawean siang hari. Selama bulan puasa, pasar tradisional di Bawean banyak menjual kue dan makanan untuk menu berbuka puasa. Ini bisa jadi alternatif anda untuk bekal makan siang.

4. Kenali Ketahanan Fisik

Bagi anda yang menjalankan ibadah puasa, anda harus tahu ketahanan fisik anda supaya anda bisa memilih destinasi wisata yang tepat, mengingat mayoritas destinasi wisata di Pulau Bawean adalah wisata alam maka dibutuhkan ketahanan fisik yang baik. Jika anda menggunakan jasa travel atau tour operator, anda bisa sharing dengan mereka tentang hal ini.

5. Jaga Toleransi

Bulan Ramadhan bisa menjadi waktu yang tepat menguji toleransi kita. Walau pun anda tidak sedang menjalankan ibadah puasa saat traveling di Bawean, sebaiknya anda tidak melakukan aktivitas yang mengganggu ibadah masyarakat lokal Bawean. 

Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadhan….!!!

 

Ditulis Oleh: Musyayana (Direktur Bawean Tourism)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Baca juga
  » 10 Juni 2017
Review Hotel Di Pulau Bawean Tahun 2017
Keberadaan hotel dan penginapan di destinasi wisata menjadi prasarat mutlak suksesnya industri pariwisata di daerah tersebut. Namun tidak berhenti pada ketersediaan hotel dan penginapan, hal terpenting juga yaitu fasilitas dan services dari hotel & penginapan tersebut.

  » 10 Juni 2017
Hotel Miranda Bawean Tawarkan Kenyamanan Tempat Tinggal
Miranda Hotel adalah kenyamanan sebuah tempat tinggal

  » 10 Juni 2017
Open Trip Pulau Bawean, 29 Juni - 1 Juli 2017
Karena banyaknya permintaan open trip, make kami siapkan paket open trip 3 hari 2 malam para tanggal 29-31 Juni 2017

  » 14 Februari 2017
Hotel Intan Bawean Tawarkan Fasilitas Penjemputan Gratis
Hotel Intan Bawean adalah hotel pertama di Pulau Bawean, yang sampai saat ini menyandang predikat sebagai hotel paling bersih di Bawean dan lokasi yang sangat strategis. Tahun 2017, sebagai wujud komitmen melayani tamunya, Hotel Intan memberikan service penjemputan gratis dari pelabuhan Sangkapura ke Hotel Intan, khusus yang melakukan pemesanan via online di website www.intanhotelbawean.com

  » 29 November 2016
ODIK E PONTHUK (LIVING IN PONDOK)
...the pondok, usually a sprawling compound house, is a somewhat dilapidated, overcrowded building. Broken chairs, makeshift tables and piles of planks, potted plants and debris take up a corner of the sandy playground."

  » 23 Oktober 2016
PACKAGE 5D4N SINGAPORE-SURABAYA-BAWEAN
PAKET : 5D4N KUOTA : 4 PAX (Minimal) HARGA : 550 SGD/Person

  » 23 Oktober 2016
OPEN TRIP PULAU BAWEAN, TGL 9-12 DESEMBER 2016
Harga: IDR 1.500.000/Orang Kuota: 15 Pax Meeting Point: Tugu Pahlawan Surabaya

  » 23 Oktober 2016
MEMPERKUAT JATI DIRI ORANG BAWEAN LEWAT SEKTOR PARIWISATA
Tiga tahun terakhir nama Pulau Bawean mulai dikenal oleh saudara se bangsa dan se tanah air sendiri. Tahun-tahun sebelumnya, nama Bawean hampir jarang ada yang tahu. Jangankan saudara yang ada di Papua, sedangkan masyarakat Surabaya yang relatif dekat dengan Gresik sangat jarang ada yang tahu tentang Pulau Bawean.

  » 23 Oktober 2016
KONSULAT JENDERAL REPUBLIK CHINA MENIKMATI PESONA WISATA BAWEAN
Pesona wisata Bawean mampu menarik perhatian para konsulat Republik China untuk berkunjung ke Pulau Bawean. Para konsulat tersebut yaitu Mr.Zhong Jifa, Mr.Chen Yingyuan, Mrs.Chen Qian, Mr.Shen Yiwu dan Mrs.Cheng Lingli.

  » 22 Oktober 2016
HAL YANG HARUS DIKETAHUI KETIKA MEMILIH NAIK PESAWAT AIRFAST INDONESIA KE BAWEAN
Jika anda berniat berkunjung ke Pulau Bawean via transportasi udara, silahkan perhatikan hal-hal berikut ini: