Paket Wisata ke Pulau Bawean, Paiwisata Bawean, Backpacker Pulau Bawean, Bawean Pulau Wisata, Paket Tour ke Pulau Bawean, Tour Agency Bawean island, jalan-jalan ke bawean, adventure bawean
BAWEAN TOURISM-Tourism Information & Tour Package To The Island Of Bawean

MEMPERKUAT JATI DIRI ORANG BAWEAN LEWAT SEKTOR PARIWISATA


23 Oktober 2016

Tiga tahun terakhir nama Pulau Bawean mulai dikenal oleh saudara se bangsa dan se tanah air sendiri. Tahun-tahun sebelumnya, nama Bawean hampir jarang ada yang tahu. Jangankan saudara yang ada di Papua, sedangkan masyarakat Surabaya yang relatif dekat dengan Gresik sangat jarang ada yang tahu tentang Pulau Bawean.

Tapi berbeda di Singapore, Malaysia & Australia. Bawean lebih populer di tiga negara tersebut daripada di Indonesia sendiri. Hal ini karena masyarakat Bawean punya tradisi merantau yang dimulai sejak tahun 1849. Sampai saat ini populasi keturunan Bawean di tiga negara tersebut sangat banyak. Mereka dikenal dengan sebutan orang “Boyan” yang tetap menjaga nilai budaya Bawean, mulai dari bahasa, pola kekerabatan dan tradisi sosialnya. Mereka sangat bangga dengan status keturunan Bawean dan dipanggil “boyanese”. Kebanggaan tersebut tidak terlepas dari karakter yang menjadi identitas orang Bawean selalu baik denga siapa pun, ramah dan jujur. Saya pribadi tidak sangsi lagi akan kecintaan dan kebanggaan mereka pada Bawean, pulau nenek moyang mereka.

Tapi bagaimana dengan orang Bawean yang tinggal dan tersebar di seluruh Indonesia? Apakah mereka juga mempunyai rasa cinta dan bangga seperti para boyanese yang ada di luar negeri?

Saya yakin mereka juga sama, cinta dan bangga menjadi orang Bawean. Walau tidak sedikit yang berat untuk jujur mengaku orang Bawean. Saya bisa memaklumi hal tersebut. Karena saya juga punya banyak pengalaman berkenalan dengan orang baru, dimana kita akan saling bertanya asal daerahnya. Saat saya menyebutkan “saya orang Bawean”, disini saya dituntut untuk menjelaskan lebih detail tentang Bawean supaya mereka benar-benar percaya bahwa ada Pulau Bawean di Indonesia ini. Disini kesempatan saya untuk menceritakan kearifan lokal Bawean dan semua yang saya tahu tentang Bawean. Mungkin akan sedikit berbeda pada mereka yang tidak begitu suka menjelaskan terlalu panjang lebar & cenderung buang-buang waktu. Pilihan terakhirnya yaitu mereka mengaku orang Gresik. Mengaku sebagai orang Gresik kadang jadi petaka bagi mereka yang belum bisa meninggalakan logat kedaerahannya. Mereka sering dituduh orang Madura. Tuduhan ini yang paling penyakitkan bagi sebagian besar orang Bawean. Mereka tidak suka disamakan seperti orang Madura, tapi mereka malas untuk menjelaskan secara detail tentang Bawean. Mereka hanya bilang “Pokoknya Bawean itu bukan Madura”. Saya pikir jika mereka mampu dan sabar untuk menjelaskan, saya yakin semua tuduhan tersebut bisa dipatahkan.

Fakta tersebut saat ini menjadi terbalik! Sejak Bawean mulai populer lewat sektor pariwisatanya. Ketika turis lokal dan turis asing mulai datang ke Bawean untuk menikmati pesona alam dan kearifan lokalnya, mereka orang-orang Bawean yang tersebar di seluruh Nusantara sudah mulai tidak malas untuk menceritakan dengan detail tentang Bawean ke orang-orang terdekatnya. Mereka begitu bersemangat membantu mempromosikan keindahan Bawean lewar foto yang mereka share di akun media sosialnya. Saat ini mereka bisa menyerang balik bagi mereka yang masih bertanya “Bawean itu dimana sih?”, mereka akan menjawab “Ah! Kamu pake gadget canggih tapi nggak ngehits!”

Fakta ini adalah sebagian kecil yang disumbangkan sektor pariwisata! Orang Bawean menjadi lebih percaya diri saat mengenalkan dirinya sebagai orang Bawean.

Terimak kasih untuk semua yang pernah berkunjung ke Pulau Bawean dan menceritakan tentang keindahan alam Bawean serta keramahan penduduk lokalnya, yang akhirnya membuat kita orang-orang Bawean menemukan jati diri yang sebenarnya. (yn)



Baca juga
  » 10 Juni 2017
Review Hotel Di Pulau Bawean Tahun 2017
Keberadaan hotel dan penginapan di destinasi wisata menjadi prasarat mutlak suksesnya industri pariwisata di daerah tersebut. Namun tidak berhenti pada ketersediaan hotel dan penginapan, hal terpenting juga yaitu fasilitas dan services dari hotel & penginapan tersebut.

  » 10 Juni 2017
Hotel Miranda Bawean Tawarkan Kenyamanan Tempat Tinggal
Miranda Hotel adalah kenyamanan sebuah tempat tinggal

  » 10 Juni 2017
Open Trip Pulau Bawean, 29 Juni - 1 Juli 2017
Karena banyaknya permintaan open trip, make kami siapkan paket open trip 3 hari 2 malam para tanggal 29-31 Juni 2017

  » 30 April 2017
TIPS BERWISATA KE PULAU BAWEAN DI BULAN RAMADHAN
Jika anda berniat melakukan traveling di Pulau Bawean saat bulan Ramadhan, maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengingat mayoritas penduduk Pulau Bawean adalah muslim yang taat. Di Pulau Bawean sendiri ada sebuah prinsip yang tidak tertulis, yaitu “Bekerja selama setahun untuk bekal ibadah puasa di bulan Ramadhan”.

  » 14 Februari 2017
Hotel Intan Bawean Tawarkan Fasilitas Penjemputan Gratis
Hotel Intan Bawean adalah hotel pertama di Pulau Bawean, yang sampai saat ini menyandang predikat sebagai hotel paling bersih di Bawean dan lokasi yang sangat strategis. Tahun 2017, sebagai wujud komitmen melayani tamunya, Hotel Intan memberikan service penjemputan gratis dari pelabuhan Sangkapura ke Hotel Intan, khusus yang melakukan pemesanan via online di website www.intanhotelbawean.com

  » 29 November 2016
ODIK E PONTHUK (LIVING IN PONDOK)
...the pondok, usually a sprawling compound house, is a somewhat dilapidated, overcrowded building. Broken chairs, makeshift tables and piles of planks, potted plants and debris take up a corner of the sandy playground."

  » 23 Oktober 2016
PACKAGE 5D4N SINGAPORE-SURABAYA-BAWEAN
PAKET : 5D4N KUOTA : 4 PAX (Minimal) HARGA : 550 SGD/Person

  » 23 Oktober 2016
OPEN TRIP PULAU BAWEAN, TGL 9-12 DESEMBER 2016
Harga: IDR 1.500.000/Orang Kuota: 15 Pax Meeting Point: Tugu Pahlawan Surabaya

  » 23 Oktober 2016
KONSULAT JENDERAL REPUBLIK CHINA MENIKMATI PESONA WISATA BAWEAN
Pesona wisata Bawean mampu menarik perhatian para konsulat Republik China untuk berkunjung ke Pulau Bawean. Para konsulat tersebut yaitu Mr.Zhong Jifa, Mr.Chen Yingyuan, Mrs.Chen Qian, Mr.Shen Yiwu dan Mrs.Cheng Lingli.

  » 22 Oktober 2016
HAL YANG HARUS DIKETAHUI KETIKA MEMILIH NAIK PESAWAT AIRFAST INDONESIA KE BAWEAN
Jika anda berniat berkunjung ke Pulau Bawean via transportasi udara, silahkan perhatikan hal-hal berikut ini: